Apakah itu IMEI HP serta Fungsinya.

Apakah itu IMEI dan apa fungsinya. International Mobile Equipment Identity (IMEI) adalah nomor identitas internasional yang terdiri dari 15 (lima belas) digit nomor, dihasilkan dari 8 (delapan) digit Type Allocation Code yang dialokasikan oleh Global System for Mobile Association (GSMA) untuk mengidentifikasi secara unik Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi yang tersambung ke jaringan bergerak seluler.

 IMEI HP serta Fungsinya.
 IMEI HP serta Fungsinya.


Nomor IMEI dapat ditemukan dalam perangkat HKT dengan menekan *#06# kemudian tampil di layar perangkat. Selain itu dapat ditemukan di bawah baterai, kardus kemasan, dan kartu garansi.

IMEI bersifat unik dan berbeda-beda dan selalu menempel pada perangkat telekomunikasi. IMEI biasanya digunakan untuk mengidentifikasi setiap ponsel yang mengakses jaringan operator telekomunikasi.

IMEI ilegal adalah IMEI yang tidak sesuai dengan format yang diterbitkan oleh GSMA misalnya yang isi digitnya kosong atau yang digitnya sama semua seperti 000000000000000, 111111111111111, 222222222222222.

IMEI dapat dipastikan legal apabila memiliki kartu garansi dan buku manual berbahasa Indonesia dari pembuat perangkat; terdaftar atau memiliki TPP (tanda pendaftaran produk) impor/produksi yang bisa di cek melalui https://imei.kemenperin.go.id; dan memiliki sertifikat dari SDPPI.

Ketika perangkat HKT dipasang dengan Kartu Subscriber Identification Module (SIM) dari penyelenggara telekomunikasi di Indonesia, pada dasarnya operator seluler telah mendata atau melakukan pairing nomor IMEI dan kartu SIM serta menyimpan data itu pada server milik operator seluler, lantas apa fungsi IMEI tersebut.

Fungsi IMEI pada HP 



  1. Sebagai identitas ponsel, ibarat KTP adalah nomor identitas ponsel yang resmi terdaftar secara internasional dan merekam identitas spesifikasi lengkap ponsel biasanya tertera di badan ponsel dan juga pada kotak paket pembelian
  2. Ponsel yang hilang jika ponsel Anda hilang Anda bisa mendatangi gerai resmi operator seluler yang Anda gunakan ponsel Anda dan nomor akan terblokir sementara lalu lokasi ponsel juga akan terbaca dengan adanya IMEI.
  3. Mempengaruhi jaringan seluler operator jika IMEI Anda hilang secara tiba-tiba atau setelah di flash maka ponsel tak akan bisa menerima jaringan akibatnya ponsel Anda tidak akan bisa melakukan komunikasi seluler karena jaringan otomatis terblokir.

Demikain sekilas tentang IMEI semoga bermanfaat dan lebih hati hati dalam membeli perangkat elektronik

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah itu IMEI HP serta Fungsinya."

Posting Komentar

KOMENTAR TANPA NAMA TIDAK AKAN DITERBITKAN!!!!!