Yang harus diketahui dari Blokir IMEI HP Ilegal/Black Market

Blokir IMEI HP Ilegal. Peraturan blokir IMEI HP BM di Indonesia yang mulai berlaku pada tanggal 18 April 2020. menurut hasil survei yang digelar oleh Indonesia teknologi, baru pada tanggal 15 April 2020 pemerintah dan ekosistem, akan tetap melaksanakan kebijakan politik dengan skema wireless untuk memblokir HP HP selundupan atau kita kenal juga dengan HP black market atau HP BM, dengan Blokir IMEI HP tersebut

Menurut berita yang beredar harusnya aturan tersebut tidak mengganggu penggunaan Handphone yang sudah menyalakan HP/Imei nya sebelum tanggal 18 April 2020, Pengguna HP ini akan tetap mendapatkan layanan seluler terlepas dari nomor IMEI terdaftar di websitenya kemenperin atau tidak.

Aturan Blokir IMEI HP Ilegal berlaku bagi konsumen yang membeli ponsel setelah tanggal 18 April 2020 jika konsumen membeli ponsel BM setelah tanggal 18 April 2020, maka IMEI HP tersebut akan diblokir dan tidak akan mendapatkan layanan seluler, peraturan ini juga mencakup kepada para turis atau siapa pun yang datang dari luar Indonesia namun menggunakan SIM card indonesia, maka mereka tidak akan dapatkan layanan seluler, tapi jika mereka tetap menggunakan simcard negara asalnya dan menggunakan roaming maka mereka akan tetap mendapatkan layanan seluler.

Blokir IMEI HP Ilegal
Cek IMEI HP


Bagaimana dengan turis yang menggunakan HP dari negara Asalnya,


Ada beberapa cara agar mereka tetap mendapatkan layanan seluler adalah dengan cara sebagai berikut

  1. Membeli HP resmi di Indonesia dan menggunakan kartu Indonesia 
  2. Menyalakan layanan roaming agar tetap mendapatkan layanan seluler di Indonesia

 Dampak pada pasar HP di Indonesia

Dalam peraturan menteri nomor 78 tahun 2019 tentang petunjuk penggunaan layanan jaminan purna jual untuk produk elektronika dan telematika itu ada pasal yang menjamin bahwa produk yang diperdagangkan itu sudah tervalidasi atau teregistrasi,

Kemudian ada juga permendag Nomor 70 tahun 2019 terkait dengan kewajiban mencantumkan IMEI pada kemasan untuk produk telepon seluler komputer genggam dan komputer tablet.

Peraturan yang sama juga berlaku kepada masyarakat yang membeli ponsel secara online bahkan para marketer juga harus meminta surat pernyataan kepada pihak yang dapat dipercaya bahwa mereka tidak akan menjual produk HKT atau Handphone komputer genggam dan tablet yang ilegal.

Kesimpulan


  • IMEI yang diblokir adalah HP BM yang dibeli setelah tgl 18 April 2020.
  • Turis yang menggunakan kartu dari indonesia dan menggunakan HP dari negara asal akan diblokir/tidak mendapat sinyal
  • Hp yng di blokir IMEI nya tidak akan bisa digunakan.

Usaha pemerintah ini untuk menghilangkan ponsel BM di Indonesia,semoga penerapannya di lapangan tidak mengalami banyak kendala dan peraturan yang bisa semakin disempurnakan untuk menghilangkan peredaran ponsel BM di Indonesia , bagaiamana pendapatmu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yang harus diketahui dari Blokir IMEI HP Ilegal/Black Market"

Posting Komentar

KOMENTAR TANPA NAMA TIDAK AKAN DITERBITKAN!!!!!