Jika surat tilang hilang, ini yang mesti anda lakukan

Surat tilang - Siapa yang mau kena tilang, saya yakin tak ada satupun yang mau mendapat surat tilang, namun bagaimana jika sudah terlanjur mendapatkannya? ya mesti ikhlas saja menerimanya, anda mesti merawat surat tilang itu jangan sampai hilang sampai batas waktu sidang yang telah ditentukan.

 surat tilang hilang
 surat tilang hilang


jaga baik baik surat tilang tersebut jangan disobek-sobek karena kesal, surat tersebut sebagai pengganti dari surat kendaraan yang ditilang, sampai pada batas waktu pengambilan surat tilang anda mesti membawanya kemana mana, jangan takut jika ditanya kemana perginya surat kendaraan anda karena ada surat tilang sebagai gantinya, tentunya jika anda melanggar lagi sudah pasti anda akan kena tilang lagi walaupun sudah pernah kena tilang, jika kemarin SIM kemungkinan besar STNK motor atau mobil anda yang akan ditilang, jadi buang jauh jauh anggapan kalau sudah ketilang tidak akan kena tilang lagi, selama anda tertib dijalan pasti tidak akan ketilang.

Siapapun pasti tidak mau menghilangkan surat tilang, lantas bagaimana jika surat tilang hilang, apa yang mesti dilakukan? coba beberapa langkah berikut ini yang pernah saya alami, maklum saya bekas pengurus ekspedisi sudah sangat akrab dengan tilang menilang, serta menebus tilangan yang cepat bagaimana.

1. Melapor ke polsek setempat
anda bisa melapor ke polsek terdekat pastinya dengan membawa fotocopy surat tilang yang sudah pernah anda copy, polisi tidak percaya begitu saja jika anda meminta surat kehilangan surat tilang tanpa membawa fotocopy-annya, hal itu untuk menjaga agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. bagaimana jika anda tidak punya sama sekali fotocopynya? ini akan membutuhkan proses yang agak sulit.

Baca Juga :

Jika E KTP hilang, ini yang harus anda lakukan

Jika ATM Hilang, ini yang harus anda lakukan

2. Mendatangi pos polisi,polsek,polres tempat wilayah operasi
jika sama sekali anda tidak memiliki dokumen fotocopy, langkah yang bisa anda ambil adalah mendatangi pos polisi yang menilang ada dimana, coba ingat-ingat didaerah mana anda kena tilang, jika bingung tanya saja pada polisi terdekat, jika terkena tilang didaerah ini, biasanya polisinya dari pos mana, karena pak polisi tidak akan menyimpan surat anda berikut salinan buku tilang sampai pada waktu sidang, sebelum tanggal sidang berarti surat-surat anda masih disimpan di pos polisi tersebut.

datanglah dan tanyakan identitas lengkap anda sesuai dengan surat yang ditilang, beritahu tanggal sekian saya kena tilang didaerah ini, lantas surat tilang saya hilang, minta kopiannya.

sebagai contoh, saya pernah kena tilang di tol jakarta cikampek, tepatnya di wilayah cibitung, ketika surat tilang saya hilang saya menuju ke kantor PJR jalan tol jakarta cikampek di daerah jati bening.

demikian sobat pengalaman saya mengurus surat tilang yang hilang semoga bisa menjadi solusi bagi anda yang mengalami masalah serupa.

Subscribe to receive free email updates:

23 Responses to "Jika surat tilang hilang, ini yang mesti anda lakukan"

  1. Nah klo surat tilang nya belum pernh di FC dan hilang, gimana cara penebusan tilang nya Gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bawa bpkb,ktp, gesek no mesin dan rangka (untuk jaga jaga),, ingat tanggal sidangnya, atau dimana ketilangnya serta tanggal kena tilang, untuk memudahkan pencarian barang bukti.

      Hapus
  2. Gan sodara saya kena tilang ples motornya di bawa kepolosian dan dia di kasih E tilang tapi suratnya hilang itu gimana ya . Apa bisa kita ke kapolsek deket kejadian dan hanya bawa BPKB soalnya motornya di bawa polisi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ada fotocopyannya, pakai fotocoy gan plus surat kehilangan,, jika tidak ada fotocopyannya dan belum masuk tanggal sidang, bisa datang ke polsek atau polres tempat kejadian perkara dan utarakan jika surat tilang hilang

      Hapus
  3. Kalo surat hilang. Tanggal sidang sudah kelewat gimana ?. Hanya ada SMS E-tilang

    BalasHapus
  4. Gan , gimna kalau surat tilang sama STNK juga ilang ... motor diangkut polisi ..
    apa masih bisa di urus ..

    BalasHapus
  5. Min , motor saya diangkut polisi , stnk sma surat tilang ilang gmna tuh bos ngurusin nya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama buat surat kehilangan suray tilang dilampirkan fotocopy surat tilang.

      Kedua bikin surat kehilangan stnk di sertai dokumen lain sebagai pendukung seperti bpkb dan ktp.

      Hapus
  6. Min, surat tilang saya kan hilang, tapi saya ada foto copy.nya, itu perlu surat kehilangan dari kepolisian apa bisa langsung datang ke pengadilan ya ??
    Posisinua saya udah kelewat 4 bulan dari tanggal sidang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap pakai surat kehilangan gan dan langsung ke kejaksaan saja

      Hapus
  7. Gan kalo surat tilang ilang dan belum FC stnk itu harus kemana?

    BalasHapus
  8. Gan tolong di bantu dong kalo kita kena tilang trus udah bayar denda tapi bukti pembayaranya hilang jadi gimana dong cara ngambil motornya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. print out buku tabungan aja, untuk lihat mutasi nya, berikan sebagai bukti sudah bayar denda

      Hapus
  9. Gan SMS e-tilang terhapus.. kek mana tu... Ga bisa bayar ke bank lah. Surat tilang masih ada

    BalasHapus
  10. Gimana fotocopy surat tilangnya wong surat tilangnya yg ilang, ada ada saja

    BalasHapus
  11. Min kan saya kena tilang di daerah bogor tetapi surat tilang nya hilang dan tidak ada FC nya, yg ada FC cuman stnk, cara ngurus nya gimana ya min tolong bantuan nya dong

    BalasHapus
  12. Kalo surat tilangnya ilang, trus udah lewat dr 1tahun gimana ngurusny pak? Apakah masih bisa diuru, mohon solusinya

    BalasHapus
  13. Surat tilang saya gilang gimana. Cuman sempet tak foto doang

    BalasHapus
  14. saya ditilang di ambil sim karena ga bawa stnk bulan november surat tilangnya hilang apa masih bisa diambil sim nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. SELAMA ADA fotocopyan nya bisa gan, saya pernah 1 tahun baru saya ambil di kejaksaan

      Hapus
  15. Bang saya kena tilang tapi suratnya ilang tapi saya foto surat hilangnya itu kira kira gimana bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gunakan foto surat tilang tersebut untuk membuat surat kehilangan di kepolisian, nantinya surat kehilangan tersebut bisa digunakan untuk mengambil barang bukti

      Hapus

KOMENTAR TANPA NAMA TIDAK AKAN DITERBITKAN!!!!!