Cara mengurus buku tabungan mandiri hilang

Mengurus Buku Tabungan Mandiri Hilang.buku tabungan adalah buku yang dikeluarkan oleh pihak bank yang mencantumkan jumlah simpanan nasabah di suatu bank yang kepemilikannya di buktikan dengan indentitas yang tertera di buku tabungan tersebut serta tidak bisa dipindah tangankan. meskipun kegunaan buku tabungan sudah banyak digantikan oleh kartu ATM,sms banking maupun mandiri online, namun ketika buku tabungan mandiri ini hilang maka harus segera dibuatkan yang baru, meskipun masih ada kartu atm yang dapat menggantikannya dalam hal menarik tunai namun ada kalanya buku tabungan harus hadir untuk beberapa transaksi.

Buku tabungan mandiri hilang dalam beberapa transaksi diperlukan kehadirannya seperti dalam hal pembuatan Kartu ATM hilang, meminta rekening koran ataupun mengambil uang di teller, ketika buku mandiri hilang maka semua transaksi tersebut tidak bisa dilakukan, cara ganti buku mandiri hilang tidak memerlukan waktu yang lama dihari yang samapun sudah langsung jadi.

Buku tabungan mandiri hilang

Bisakah orang lain mengambil uang dengan buku tabungan mandiri yang hilang?

ketika buku tabungan mandiri anda hilang , dan anda khawatir ada orang menemukannya kemudian berniat untuk mengambil uang yang tersimpan di bank mandiri anda, maka hal tersebut tidak bisa dilakukan, seperti diawal tadi bahwa buku mandiri tertera identitas yang kepemilikannya dibuktikan dengan identitas yang tertera di sana , alias KTP. jadi orang lain tidak bisa mengambil tunai dengan buku tabungan mandiri anda,karena syarat untuk mengabil uang dengan buku tabungan mandiri adalah harus disertai kartu ATM, KTP dan juga tanda tangan pemilik rekening.


Bisakah orang lain mengurus buku tabungan mandiri hilang?

kesibukan mungkin menjadi alasan anda tidak bisa mengurus buku tabungan mandiri yang hilang di hari kerja senen - Jumat, kemudian anda berniat untuk mewakilkan ke orang lain,contoh istri atau orang tua anda, untuk pergi ke bank dan mengurus buku tabungan yang hilang, hal ini tidak bisa dilakukan, karena pembuatan atau penerbitan buku tabungan mandiri yang hilang harus dilakukan oleh si pemilik rekening tadi, karena buku tabungan mandiri tidak bisa dipindah tangankan, satu satunya cara ketika anda sibuk di jam kerja maka anda bisa urus buku tabungan mandiri yang hilang di Weekend banking mandiri, anda tinggal menyakan ke CS mandiri untuk mengetahui cabang mandiri mana yang buka di hari sabtu minggu untuk ganti buku tabungan mandiri yang hilang.

Mengurus buku tabungan mandiri yang hilang.

jika buku tabungan mandiri hilang harus bagaimana? tentu saja harus segera diurus ,karena mengurus buku tabungan mandiri yang hilang tidaklah sulit asalkan dokumen yang diperlukan sudah dipersiapkan, beberapa syarat dokumen yang harus disiapkan untuk mengurus buku tabungan mandiri yang hilang adalah


  1. Surat kehilangan dari kepolisian.
  2. Kartu ATM
  3. KTP
Fungsi buku tabungan juga bisa dilakukan dengan sms dan mandiri online
point pertama adalah membuat surat kehilangan dari kepolisian, kenapa harus membuat surat kehilangan? karena untuk mengabsahkan jika buku tabungan tersebut benar benar hilang, dan yang dapat membuktikan adalah dengan surat kehilangan tersebut, jadi anda tidak akan dilayani jika pergi ke cabang mandiri untuk membuat buku tabungan yang baru karena yang lama hilang tanpa membawa surat kehilangan tersebut.

pada point kedua kartu atm juga harus ada, karena data yang ada di kartu atm sebenarnya sama dengan yang ada di buku rekening, namun bagaimana jika atm nya juga hilang? tentu saja anda juga harus menyertakan surat kehilangan dari kepolisian perihal Kartu ATM yang hilang tersebut.

KTP juga wajib ada karena inilah yang menjadi identitas pembuktian jika buku tabungan yang hilang tersebut benar-benar milik anda.

Bagaimana jika KTP juga hilang?

bisa saja terjadi seperti dompet hilang maka baik ATM maupun KTP juga hilang, ketika mengurus KTP yang baru cukup lama dan kebutuhan akan uang tunai mendesak maka hal yang harus anda lakukan ketika KTP juga hilang adalah membawa surat keterangan dari Disdukcapil yang terdapat foto dan keterangan yang menyebutkan bahwa surat tersebut diperuntukan sebagai pengganti KTP (transaksi perbankan).
setelah semua syarat dan kemungkinan-kemungkinan dokumen pendukung juga hilang sudah diketahui kini anda langsung mendatangai kantor cabang mandiri terdekat tidak harus ke kantor awal membuka rekening, dimanapun anda mengurus buku tabungan mandiri yang hilang seperti domisili di jakarta dan pembuatan buku tabungan di palembang, hal ini tetap bisa, karena nantinya cabang bank mandiri tersebut akan melakukan klarifikasi ke kantor cabang awal anda membuka rekening karena sudha terhubung secara online.

Ambil antrean ke Customer Service, akan ada beberapa pertanyaan dan juga biaya materai saat mengisi Form pembuatan buku tabungan yang baru, beberapa pertanyaan yang umum di tanyakan ketika pembuatan buku rekening mandiri yang hilang adalah;
  • Nama ibu kandung
  • alamat tempat tinggal, jika alamat sudah pindah maka anda akan ditanya alamat yang lama,
  • Transaksi terakhir
  • jumlah saldo


untuk pembuatan buku tabungan yang baru anda akan dikenakan biaya pembuatan sebesar Rp 15.000. cukup murah bukan jadi jangan ditunda tunda ya, silahkan segera diurus.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara mengurus buku tabungan mandiri hilang"

Posting Komentar

KOMENTAR TANPA NAMA TIDAK AKAN DITERBITKAN!!!!!