Cara memancing pompa air, wanita pun bisa

Pompa Air tidak menyedot - Bagi anda yang tinggal di rumah btn seperti saya yang jauh dari PDAM pasti kenal dengan pompa air, sebagai perangkat wajib yang mengeluarkan air untuk keperluan kita sehari hari ini, sering kali rewel seperti yang saya alami, dimana pompa air perlu dipancing dahulu baru mengalirkan air.

pada awalnya saya tidak paham dengan pompa air ini, karena situasi dan kondisi memaksa saya untuk bisa mengendalikan mesin pompa air ini, ketika itu pompa ini menyala terus namun air di kran kok tidak mengalir lantas pompa ini ngapain menyala terus, saya tengok ke tampungan air/toren yang ada diatas, ternyata air kosong habis bis. ternyata pompa ini hanya menyala dan menyedot angin tanpa air.

Kenapa pompa air harus di pancing
satu dua kali memancing pompa air karena menjadi rutinitas akhirnya saya tau, kenapa pompa air ini perlu dipancing, padahal pompa ini baru beli, sangat baru, apa karena kekuatan sedotnya yang tinggi hingga air dibawah habis? kalao air habis seharusnya dipancingpun dia tidak akan mengeluarkan air, lantas apa? ternyata kata teknisi ada pipa yang bocor, sehingga ketika pompa berhenti berputar karena otomatisnya bekerja air dalam pipa turun kembali ke bawah effect dari bocor pipa tadi.

Cara memancing pompa air

setiap pompa air dilengkapi dengan lubang angin kecil dekat dengan pipa output yang salah satu fungsinya untuk memancing pompa air ketika ngadat seperti ini, untung saja lokasi dan area pompa air saya buat agak luas sehingga mempermudah untuk melakuan pancing memancing ini, berikut cara mudah dan cepat bahkan istri andapun pasti bisa melakukannya.

1. Buka baut kecil di samping pipa output air
buka baut seperti pada gmbar diatas

2. Tuangkan air kedalam lubang baut tadi sampai air terlihat mau keluar dengan tendangan yang kencang.

Tuangkan air ke lubang tersebut sampai penuh

3. tutup kembali baut tadi hingga rapat, jika air sudah mulai menyembur dengan tekanan tinggi.

tutup lubang sampai rapat


bagaimana mudah bukan, tak perlu triak triak panggil tetangga jika hanya urusan memancing pompa air.

Cara kerja pompa air
pompa memiliki motor dan kipas yang berputar dengan kecepatan tinggi tergantung juga dengan jenis pompa. perbedaan pompa satu dengan yang lainnya hanya dari segi daya hisap dan daya dorongnya, semakin besar motor dan kipas yang dimiliki maka daya hisap air dari bawah akan semakin kuat, dengan kuatnya daya hisap tadi maka daya dorong keatas pun akan semakin kencang juga. 

saat pompa melakukan penghisapan air maka sekecil mungkin dihindari adanya kebocoran udara pada pipa karena hal itu akan membuat daya hisap menjadi bocor, jika bocor maka anda akan sering2 memancing pompa air.

ketika pompa berhenti berputar maka air tidak semuanya turun kembali kebawah, namun akan tertahan di pipa hisap, gunanya jika pompa akan memulai berputar maka akan sesegera mungkin menghisap air, ketika ada kebocoran udara dipipa seperti tadi maka pompa akan menghisap angin terlebih dahulu sampai air benar benar memenuhi pipa hisap, bagaimana jika sumurnya sangat dalam 15m contohnya, maka pompa pun tidak akan kuat, tanpa bantuan pancingan dari atas yang kita lakukan tadi.

mungkin seperti itu garis besar cara kerja pompa air dirumah kita.

Tips memancing pompa air
beberapa tips yang perlu anda perhatikan ketika hendak melakukan kegiatan memancing pompa air

1. Lokasi pompa sebaiknya agak luas, jadi ketika anda hendak memasang pompa iar, lebih baik beri space runag seukuran anda, guna mengantisipasi pompa ngadat begini.

2. Jauhkan stop kontak yang kemungkinan akan terciprat air saat proses pemancingan, untuk menghindari konsleting listrik.

3. Siapkan Corong air agar proses penuangan air tidak blepotan kemana mana.

4. berikan sealtip pada baut yang menutup lubang angin tersebut agar rapat serapat rapatnya.

Tips agar pompa air awet.
1. Beli pompa yang lumayan bagus, seperti semi jetpump, dengan daya hisap kuat maka air akan cepat penuh di penampungan, listrikpun hemat.semakin mahal semakin awet.

2. Pakailah tampungan air, supaya pompa tidak terus bekerja .

3. Gunakan Otomatis yang terpasang di toren, agar saat air penuh, pompa akan mati dengan sendirinya.

demikian info maraska tentang cara memancing pompa air semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara memancing pompa air, wanita pun bisa"

  1. terimakasih informasinya, pompa air sering harus di pancing biasanya dikarenakan saluran pompa yang bocor maka dari itu gunakan klem sadel pipa yang berkualitas agar tidak mudah bocor.

    BalasHapus
  2. Mesin air baru,pipa hisa penuh penuh tidak ada kebocoran.tetapi knp masih hrs di pancing?

    BalasHapus

KOMENTAR TANPA NAMA TIDAK AKAN DITERBITKAN!!!!!