Sistem hari Ganjil Genap Jakarta

Peraturan ganjil genap - sudah lama saya tidak berkendara didaerah jakarta, sekalinya masuk jakarta apes benar nasib saya, baru masuk sekitaran kemang saya terkena razia ganjil genap, walau saya sudah tau bahwa dijakarta sistem ganjil genap telah diberlakukan peraturan plat kendaraan ganjil genap sebagai pengganti 3 in 1 namun saya tidak begitu paham tentang sistem hari-hari ganjil genap tersebut.

Hari Ganjil Genap Jakarta.didalam pikiran saya kala itu ganjil genap mengikuti pola hari dimulai dari senin untuk ganjil dan seterusnya berulang, namun pemahaman saya tersebut ternyata salah, akhirnya kena tilang lah sama pak polisi.

Jadwal Ganjil Genap


plat genap foto:google

pola hari ganjil genap, ternyata mengikuti pola kalender, dimana ditanggal ganjil hanya diperuntunkkan untuk kendaraan ber plat ganjil, sedangkan tanggal genap diperuntukkan untuk kendaraan berplat genap pula, jadi bukan mengikuti pola hari senin untuk ganjil dan selasa untuk genap seperti yang saya pahami.

Rute Ganjil Genap
bagi anda yang ingin masuk ke jakarta dan belum paham rute diberlakukannnya ganjil genap lebih
baik hindari jalan Protokol, rute yang memakai sistem ganjil genap adalah

rute ganjil genap


1. MH Thamrin
2. Jalan Jendral Sudirman
3. Gatot Subroto
4. HR rasuna said
setiap akan memasuki area ganjil genap sudah ada rambu yang terpampang lebar melintang di tengah jalan, seperti ketika akan memasuki area kemang dari arah slipi, akan memasuki semanggi dari arah grogol sudah ada rambu yang melintang ditengah jalan untuk mengingatkan pengendara, perlu ada hafal jika setiap hari melintas dijakarta.

Jam Ganjil Genap Mulai berlaku


plat ganjil foto:google

ternyata lokasi ganjil genap ini tidak diterapkan sepanjang waktu, jam ganjil genap ini hanya berlaku mulai jam 07:00 pagi sampai 10:00 bagi, tujuannya untuk memperkecil kemacetan dijam-jam masuk sekolah, masuk kantor, dimana semua kendaraan begitu padat di waktu tersebut. dan satu lagi, jam 16:00 atau jam 4 sore sampai 20:00 atau jam 8 malam, karena jam sore ini juga merupakan titik kemacetan parah menjelang orang pulang kerja, jadi pastikan anda mengingat jam- jam diberlakukannya sistem ganjil genap ini ya supaya tidak kena tilang.

Peraturan Ganjil Genap Hari sabtu dan Minggu
ternyata peraturan ganjil genap hanya berlaku dijam kerja alias dari senin sampai jum at, dan untuk hari sabtu dan minggu serta hari libur nasional peraturan ini tidak berlaku, soo masih ada keringanan donk karena anda masih bebas keluar masuk jakarta dengan mobil satu satunya yang tak mungkin anda tukar tukar platnya ,di hari sabtu minggu dan hari libur nasional.

Baca juga :Begini cara urus surat tilang yang hilang.

Begini cara tebus tilang tak perlu sidang.

Ganjil Genap tidak berlaku untuk kendaraan apa saja?
peraturan plat ganjil genap  tidak diberlakukan untuk:

1. Sepeda motor
2. Kendaraan Presiden dan wakil presiden
3. kendaraan pejabat RI ber plat RI
4. kendaraan pemadam kebakaran
5. Ambulance
6. Kendaraan dinas ber plat dinas

Menyiasati sistem ganjil genap
sekarang bagaimana ketika sudah terlanjur masuk wilayah jakarta namun lupa dengan ganjil genap dan lupa tanggalnya pula, daripada kena tilang gimana cara mensiasati peraturan ganjil genap ini coba, menurut saya sih ini:

1. Menunggu sampai jam 10: 00 lewat jika ingin menuju ke wilayah yang terkena ganjil genap.
2. Masuk tol, jika area yang dituju diluar wilayah ganjil genap.

saya hanya punya 2 cara untuk menyiasati ganjil genap ini, seperti yang saya lakukan kemarin ketika hendak menuju ke pluit, saya masuk saja toll terus, dan ingat jangan sampai ada pikiran untuk mengganti plat mobil anda, selain melelahkan, jika suatu saat kena razia dan pasti kena razia, karena tidak ada kesalahan yang sempurna, resikonya jauh lebih besar.

demikian info dari maraska tentang ganjil genap semoga bermanfaat, terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sistem hari Ganjil Genap Jakarta"

Posting Komentar

KOMENTAR TANPA NAMA TIDAK AKAN DITERBITKAN!!!!!