Wawancara pekerjaan ? Baca dulu beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan ini

Interview kerja - interview kerja merupakan proses yang mesti kita lalui ketika kita melamar kerja pada sebuah perusahaan, setelah melalui serentetan proses untuk bisa diterima bekerja, pada proses proses akhir biasanya kita akan berjumpa dengan test interview kerja.

Interview kerja

Interview kerja merupakan momok yang menakutkan (bagi saya) dan pastinya juga bagi anda yang mungkin esok akan test interview untuk pertama kali (makin jantungan biasanya), sepanjang malam pasti kita tidak bisa tidur karena selalu terbayangkan, " besuk pertanyaan apa yang akan dilontarkan ya? terus saya jawabnya bagaimana ya ?".

dari pada terus terbayang mungkin tulisan saya berikut ini bisa sedikit memberi gambaran tentang pertanyaan umum yang biasa diberikan ketika interview kerja berikut dengan jawapan yang kurang lebih tepat.

Beberapa pertanyaan yang biasa di lontarkan ketika interview kerja


1. Ceritakan sedikit tentang diri anda?
Untuk menjawab pertanyaan ini anda perlu menyiapkan jawaban yang tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang, cukup 2 menit, ceritakan tentang pengalaman kerja anda berikut dengan prestasi yang pernah diraih, ceritakan pula sedikit tentang latar belakang pendidikan serta hobby, jangan menceritakan hal-hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.

2. Mengapa anda melamar ditempat kami?
untuk menjawab pertanyaan ini anda harus menjawab dengan jujur, yang pasti anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang perusahaan yang anda lamar. jawablah dengan " saya ingin bergabung dengan perusahaan yang menhasilkan produk terbaik", atau " saya ingin memulai tantangan baru di berusahaan ini".. hindari jawaban yang pada intinya menjelekkan perusahaan lama anda, atau perusahaan lain.

3. Apa kelebihan dan kekurangan anda 
Pertanyaan ini hampir selalu ditanyakan dalam setiap interview kerja. untuk menjawab pertanyaan ini anda juga harus jujur untuk mengungkapkannya. orang yang menanyakan ingin tahu seberapa besar anda menilai diri sendiri, karena setinggi apapun prestasi orang pasti ada celanya.

cara menjawab kelebihan anda cukup jawab dengan "saya pekerja keras, berpikir positif atau bisa bekerja sama dengan tim secara baik. apapun jawaban and asal anda bisa menjabarkannya secara detail tidak jadi masalah, maka anda perlu latihan untuk memberikan jawaban atas pertanyaan ini.

lantas untuk menjawab pertanyaan tentang kekurangan anda, sebisa mungkin hindari jawaban " saya orangnya malas", " saya suka menunda pekerjaan","pemalu".saya yakin anda akan terhenti disini. untuk menjawab ini mungkin bisa dengan jawaban " saya sangat mencintai pekerjaan saya dan selalu berharap agar pekerjaan saya selesai sebelum jam pulang, jadinya ketika bekerja dalam tim saya berharap agar tim saya memiliki pemikiran yang sama dengan saya padahal setiap orang memiliki prioritas yang berbeda".

4. Apa yang menjadi target jangka pendek dan jangka panjang anda
perusahaan ingin mengetahui bahwa anda memiliki tujuan hidup, tujuan jangka pendek umunya 1-3 tahun sedangkan jangka panjang adalah 5 tahun keatas.

Untuk mejawab tujuan jangka pendek " dalam waktu 2 tahun kedepan saya berharap akan terus bekerja dan berprestasi diperusahaan ini serta bisa diangkat menjadi karyawan tetap( jika anda statusnya kontrak)".

untuk jawaban jangka panjangnya " dalam 5 tahun kedepan saya berharap tetap terus berkarya diperusahaan ini dan selanjutkan bisa naik satu level dari posisi saat ini".

5. Jika diterima disini, berapa lama anda akan bekerja disini.
Pertanyaan ini adalah untuk mengetahui apakah anda akan meninggalkan perusahaan dalam waktu dekat, untuk menjawab ini mungkin dengan " selama saya masih bisa memberikan kontribusi kepada perusahaan saya melihat diri saya  akan lama berada di perusahaan ini".

6. Berapa gaji yang anda harapkan
sebelum datang interview kerja pastikan terlebih dahulu range gaji pada posisi yang anda lamar, jika anda melamar untuk posisi dipabrik, biasanya range gaji sudah jelas pada peraturan UMR, mungkin tidak menyebutkan angka yang pasti bisa lebih sopan, dengan mengjawab range gaji adalah lebih sopan, mungkin begini " saya akan sangat berterima kasih jika saya diberikan gaji antara sekian ke sekian " atau " saya akan sangat berterima kasih jika perusahaan memberikan gaji sesuai dengan UMR yang berlaku saat ini".

7. Apakah anda melamar diperusahaan lain
pertanyaan ini ditujukan untuk mengetahui seberapa serius anda mencari pekerjaan, mungkin bisa anda jawab dengan " ada 1-2 perusahaan yang sedang proses".

8 Apakah ada pertanyaan
pertanyaan ini biasanya sebagai penutup dari proses interview, mereke ingin memastikan kalau anda mungkin juga punya persiapan untuk bekerja di perusahaan tersebut, ajukan 1 atau 2 pertanyaan yang bermutu seperti " dibagian apa persisnya yang sedang membutuhkan karyawan ".

Demikian tips dari saya semoga sedikit membantu tentang pertanyaan yang sering diajukan dalam interview kerja. ingat yang lebih banyak membantu adalah doa anda dan orang tua anda. terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Wawancara pekerjaan ? Baca dulu beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan ini"

  1. Ada satu poin yang sedikit tertinggal apa bila di interview pihak perusahaan menanyakan " Alasan apa Anda keluar dari perusahan A"
    Ini banyak jebakan jangan sampai jawaban Anda salah.
    Misal :
    1. Saya sudah bosan kerja
    2. Bosnya galak

    Sedikit saja untuk yang ingin melakukan Interviews jangan sekali-kali menjelekan pihak perusahan Asal Anda, toh Anda dulu kerja disana penuh percaya diri ingin memajukan perusahaan itu kan.

    Mungkin itu sedikit dari Saya....................Salam sukses Saja

    BalasHapus

KOMENTAR TANPA NAMA TIDAK AKAN DITERBITKAN!!!!!