Cara servis fotokopi tidak ada gambar

Cara servis fotokopi tidak ada gambar - Sesuai dengan Judul artikel saya kali ini tentang hasil fotocopy yang tidak ada gambar pada mesin fotocopy canon IR 5000, semestinya saat mengcopy maka hasilnya akan keluar sesuai dengan aslinya, namun kali ini saya bingung karena yang keluar justru kertas polos  tanpa gambar hasil sama sekali. namun tidak ada indikasi atau kode error yang muncul dilayar monitor.

Cara servis fotokopi tidak ada gambar harus dilakukan sesuai dengan urutan semua komponen yang berperan dalam proses copy gambar, agar service dapat terurut dan tidak membuang waktu, mengetahui semua komponen tersebut harus wajib.

Beberapa komponen penyebab hasil fotokopi tidak ada gambar harus diperiksa satu persatu seperti pengalaman saya dibawah ini,

Beberapa komponen penyebab hasil fotokopi tidak ada gamabr

Beberapa komponen dibawah ini bisa nada jadikan referensi untuk memulai service fotokopi yang tidak ada gambar atau tulisannya.

1. Primary Charging

Lepaskan primary charging, posisi yang ada diatas Drum, periksa apakah kotor dan coba bersihkan dengan lap atau alkohol, bilamana wire di primary ini rusak,atau putus biasanya akan didahului oleh indikator error di layar monitor, jadi anda bersihkan dahulu wire-wirenya dan pasang kembali. Primary charging yang tidak bisa bekerja juga bisa sebagai penyebab dari hasil fotokopi tidak ada gambar, karena elektron yang ada di atas permukaan drum tidak mampu diubah oleh primary charging.

2.Transfer sparator Corona

Atau kadang disebut corona bawah, Letaknya ada di laci satu, bersihkan dengan alkohol sampai bersih dan pasang kembali, wire yang kotor dan putus bisa juga sebagai penyebab dari masalah ini.

3. Putaran Drum

Coba anda putar dengan obeng apakah drum dapat berputar dengan sempurna,atau seret, drum yang tidak berputar bisa sebagai penyebab dari hasil fotocopy polos.

4. Magnet Develope

Bersihkan magnet develope dan perhatikan apakah semua dalam kondisi yang hitam pekat atau sudah ada belang belang putihnya, jika ada kemungkinan itu magnet yang ada di roll tersebut sudah terkikis sehingga toner tidak mampu menempel dengan baik di roll magnet, sehingga saat proses copy tidak ada toner yang menempel di drum, so hasilnya adalah  fotocopi tidak ada gambar.

pengelaman saya untuk mengetahui apakah roller magnet ini berputar adalah dengan mekukan proses copy, hasilnya polos, namun ketika develop saya tarik keluar, ada wilayah putih pada permukaan magnet yang berarti toner pada area tersebut ditarik oleh drum, namun karena develop tidak berputar maka hanya diarea tersebut saja yang tonernya habis.

Develope yang tidak berputar dikarenakan timing belt putus ketika saya hendak memeriksa motor develop ternyata saya mendapati belt sudah terurai keluar. cara checcking timing belt saya tulis pada post yang satu ini.

Selain dari hal diatas, kabel dari HVT yang mengarah ke develope yang lepas atau putus juga bisa membuat hasil fotokopi tidaka da gambar, kabel tersebut ada di ujung kanan dari develope, ada bisa melihatnya dari luar ketika develope dilepas.

5. HVT (High Voltage Tranformer)

yang terakhir bilamana semua item diatas sudah diperiksa maka coba cek HVT, HVT ini terkoneksi dengan Primary charge, bila hasilnya polos bisa jadi short atau konslet pada item ini,ganti dengan yang lain.

mengambil pengalaman dari seorang teman yang hasil servis fotokopi tidak ada gambar berbeda dengan cara saya, waktu itu dia sudah mengecek semua yang saya tulis diatas serta connector sparator charging masih bagus, namun hasil tetap saja polos putih.

cara terakhirnya adalah dengan mengganti komponen HVT ini, setelah item tersebut diganti hasilnya menjadi normal kembali, jadi perlu untuk pengecekan satu-persatu untuk mendapatkan hasil akhir yang baik.

Pengalaman  servis fotokopi tidak ada gambar

Untuk hasil fotocopy blank polos pernah juga saya alami, cek berkali kali hasilnya polos, operator bilang ini habis tonernya pak, toner saya isi kembali dan ternyata hasilya juga tetap polos, kemudian saya coba cek ricek sesuai dengan anjuran master master fotocopy untuk melakukan pengecekan pada item item tersebut diatas, namun semua sudah saya lakukan termasuk dengan mengganti HVT.namun hasilnya masih nihil.

Sepertinya harus ngopi dulu, berpikir sejenak, saya buka lagi UNIT 1 ,saya lihat dan saya bersihkan lagi sparator corona dan tanpa sengaja ada item yang tidak ada, yahh ternyata ini penyakitnya SOKET Sparator corona yang letaknya di ujung tidak ada alias patah.

fotokopi tidak ada gambar
soket corona bawah yang menempel dibody pecah,sbg penyebab fotokopi tidak ada gambar


Jadi sparator charger ini tidak teraliri listrik sehingga dia tidak berfungsi, yang mana item ini mengubah electron-elektron pada kertas sehingga toner dapat melekat pada kertas, jadi bilamana item ini tidak berfungsi artinya semua proses fotocopy normal dari atas, toner sudah melekat pada DRUM namun dia tidak dapat ditarik oleh kertas karena gagalnya fungsi sparator charger, sehingga keluarlah kertas dengan kondisi polos tanpa ada cetakan text sama sekali.

demikian sharing pengalaman saya soal servis fotokopi tidak ada gambar, terima kasih sudah menyimak.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara servis fotokopi tidak ada gambar "

Posting Komentar

KOMENTAR TANPA NAMA TIDAK AKAN DITERBITKAN!!!!!