Nomor debitur itu apa? Inilah penjelasannya

Nomor  debitur itu apa – bahasa perbankan atau bahasa kredit meng kredit terkadang membuat saya pun bingung, tanpa penjelasan yang mudah kadang susah untuk dipahami, untuk masalah nomor debitur yang akan kita bahas kali ini adalah tentang nomor debitur untuk kredit rumah KPR btn.

Menurut laman wikipedia, Debitur adalah pihak yang berhutang ke pihak lain, biasanya dengan menerima sesuatu dari kreditur yang dijanjikan debitur untuk dibayar kembali pada masa yang akan datang. Pemberian pinjaman kadang memerlukan juga jaminan atau agunan dari pihak debitur. Jika seorang debitur gagal membayar pada tenggat waktu yang dijanjikan, maka pihak kreditur dapat menyita anggunan yang di janjikan oleh debitur.

Karena kita menerima pinjaman dari pihak bank btn dalam bentuk rumah KPR maka kita selaku debitur dan bank btn sebagai kreditur, sedangkan anggunannya adalah rumah yang kita kredit, ketika kita gagal membayar cicilan ,maka bank btn akan menyita rumah tersebut.

Secara garis besar dan tutup point, debitur itu adalah kita. Kita sebagai pihak yang memiliki utang di bank btn dalam bentuk rumah yang harus dibayar tiap bulan. Nomor debitur berarti nomor unik yang membedakan kita dan debitur lainnya. Jadi ketika nomor debitur kita diinput maka, informasi berkenaan dengan diri kita dan informasi cicilan KPR akan keluar.

melihat nomor debitur
meinta bantuan costomer service atau teller bank btn untuk melihat nomor debitur

Dimana melihat no debitur?

Seperti yang saya katakan diawal, nomor debitur ini bersifat unik dan tidak akan sama antara satu debitur dengan debitur lainnya, sifatnya juga sangat penting, dari nomor debitur ini kita bisa tau seberapa sisa hutang pokok cicilan rumah di bank btn, besaran denda dan masih banyak lagi.

Untuk melihat berapa nomor debitur kita saat mengkredit rumah KPR BTN anda bisa datang ke bank BTN cabang mana saja dengan membawa buku rekening dan KTP, pihak bank BTN akan memberikan nomor debitur milik anda tersebut.

Nomor debitur berbeda dengan nomor rekening bank BTN ya, pada awalnya saya mengira nomor rekening BTN saya adalah nomor debitur karea rekening tersebut sebagai autodebet pembayaran rumah, ternyata saya salah.

Baca juga : Cara melihat sisa hutang KPR BTN.

Kegunaan no debitur

Kenapa harus repot repot mencari dan mengetahui nomor debitur cicilan rumah btn kita, salah satu kegunaan dari nomor debitur adalah untuk;

1. Melihat sisa hutang pokok, ini perlu agar kita bisa melihat hutang  ini berkurang setiap bulannya atau tidak, penting untuk over kredit rumah, supaya tahu jumlah pasti sisa hutang pokoknya secara online

2. Melihat denda keterlambatan pembayaran, selain hutang pokok juga bisa melihat jumlah denda yang harus dibayar .

3. Melihat jumlah cicilan, bagi anda yang mendapat bunga flat hal ini tidak perlu, namun bagi anda yang bunga cicilannya berubah ubah hal ini perlu untuk melihat kenaikan bunga cicilan setiap tahunnya.

Itulah beberapa fungsi dari nomor debitur dan cara untuk mendapatkan nomor debitur ,semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nomor debitur itu apa? Inilah penjelasannya"

Posting Komentar

KOMENTAR TANPA NAMA TIDAK AKAN DITERBITKAN!!!!!