Cara mencairkan Giro mudah tanpa ditolak

Cara mencairkan Giro- GIRO digolongkan ke dalam kredit pasif maksudnya adalah bank menerima simpanan uang dari nasabah namun tidak menggunakan buku rekening seperti tabungan pada umumnya, giro bersifat seperti tabungan berjangka atau deposito,namun giro bisa di lakukan penarikan  kapan saja berbeda dengan deposito yang harus melampaui masa tenggangnya. cara penarikan atau cara mencairkan dana giro ini harus menggunakan CEK atau BILYET GIRO.

Cek merupakan surat perintah tak bersyarat untuk menarik sejumlah dana yang dicantumkan pada cek atas nama nasabah atau nama yang ditunjuk. Adapun bilyet giro adalah surat perintah untuk pemindah buku-an dari si pemilik rekening giro ke rekening penerima yang diinginkan.

syarat penarikan dan ketentuan bilyet  giro

Cek dan bilyet giro ini sama-sama memiliki masa kadaluarsa/masa berlaku 70 hari. Keduanya pun sama-sama dijadikan sebagai bahan perhitungan lembaga kliring. Hanya saja, cek bisa langsung diuangkan tunai di bank sementara bilyet giro tidak.

Ketentuan ketentuan Bilyet Giro

1.  Bilyet giro yang diserahkan kepada Bank sebelum tanggal atau waktu pencairan efektif akan ditolak oleh bank. Bank tidak perlu memeriksa ketersediaan dana jika dilakukan di luar tanggal efektif.

2. pencairan giro sebelum jatuh tempo
adalah waktu mulai berlakunya pemindah bukuan. Tanggal ini harus berada pada tenggat waktu penawaran.

3. Bilyet Giro yang ditawarkan kepada bank tertuju sesudah berakhirnya tenggang waktu masih tetap dicairkan dengan dua catatan, yaitu ketersediaan dana atau tidak dibatalkan oleh penarik.

Bagian – bagian Giro

Ketika anda menerima giro, perlu untuk diperhatikan beberapa bagian giro yang penting ini, agar saat pencairan nanti dapat langsung di proses.

cara mencairkan giro
Bagian bagian giro yang perlu anda perhatikan sebelum mencairkan giro

Keterangan:
1. Bank penerbit giro
2. Nomor giro
3. Tanggal effektif/tanggal mulai dilakukan pencairan
4. Jumlah nominal dan terbilang , bagian ini harus sama
5. Bank penerima giro

Bagian – bagian giro diatas harus sesuai semua, jika ada salah satu huruf atau satu angka saja akan di tolak oleh bank, dan hanya bisa di lakukan perbaikan oleh orang yang membuat giro, karena jika bentuk tulisan berbeda akan ditolak juga.

Syarat pencairan giro

Untuk pemindah buku-an giro atau pencairan giro diperlukan dokumen pendukung yang harus anda bawa

1. KTP (penerima giro/direktur untuk badan usaha)
2. Surat kuasa ( jika diwakilkan)
3. Sudah masuk tanggal penarikan/pencairan giro
4. Semua tulisan yang ada di bilyet Giro semua benar/tidak ada kesalahan penulisan/kurang penulisan

Jika semua hal diatas sudah benar dan lengkao maka giro pada hari itu juga bisa di proses, namun jika ada salah tulis saja dalam pengisian giro, maka akan dikembalikan ke penerbit giro agar dilakukan perbaikan.

berapa lama giro cair?  berbeda dengan cek yang bisa cair tunai pada saat itu juga, giro membutuhkan waktu relatif lebih lama dan akan secara otomatis di pindah bukukan ke rekening yang di sebutkan dalam bilyet giro, lama pencairan giro beda bank biasanya 3 sampai 5 hari kerja, jika pencairan sesama bank bisa hari itu juga masuk ke rekening yang dituju.


Cara mencairkan giro

Jika anda mendapatkan pembayaran dalam bentuk giro, perhatikan taggal effektif pencairan yang ada di pojok kanan atas tas, jika sudah masuk pada tangga pencairan maka inilah cara untuk mencairkan giro.

A. Mencairkan giro sesama bank

1. Cek terlebih dahulu giro yang anda dapat apakah sudah masuk tanggal, semua tulisan benar termasuk angka terbilang, jika semua kelengkapan benar, langsung ke bank.

2. Membawa syarat dokumen lengkap
3. Mengisi Form setor tunai
4. Menuju teller
5. Proses akan di bantu oleh teller
6. Selesai

Baca juga : Pencairan giro sesama bank BCA

B. Mencairkan giro beda bank

1. Cek terlebih dahulu giro yang anda dapat apakah sudah masuk tanggal, semua tulisan benar termasuk angka terbilang, jika semua kelengkapan benar, langsung ke bank penerima giro. Contoh ; jika giro di terbitkan bank BNI dan ditujukan ke rekening bank Mandiri, berarti anda pergi ke bank mandiri.

2. Membawa syarat dokumen lengkap
3. Mengisi Form Kliring
4. Jika giro atas nama perusahaan akan dilakukan cek data terlebih dahulu.
5. Menuju teller
6. Proses akan di bantu oleh teller
7. Pencairan sekitar 3 sampai 5 hari

Baca juga : Cara mencairkan giro dari bank BNI ke mandiri

demikian cara untuk mencarkan giro, semoga bermanfata bagi pembaca

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara mencairkan Giro mudah tanpa ditolak"

Posting Komentar

KOMENTAR TANPA NAMA TIDAK AKAN DITERBITKAN!!!!!