Penyebab Kode error E061-0001 Canon IR

Penyebab e061 canon IR. beragam code error yang ada di mesin fotocopy canon ir, yang mungkin sedikit berat adalah kode error e061, beberapa pengalaman dilapangan, kode error e061 ini sering sekali muncul pada mesin ir 5000 series, ada yang mudah di tangani namun ada yang susah pula di bereskan.
Salah satu penyebab munculnya kode error e061

e061 canon ir.menurut buku katalog service manul, penyebab dari e061 ini adalah "The laser shutter is faulty. The laser unit is faulty. The potential measure-ment PCB is faulty. The DC controller PCB is fault", kurang lebih maksudnya adalah laser shutter rusak, laser unit rusak, potensial kontrol rusak dan terakhir DC kontrol rusak. namun berdasarkan pengalaman dilapangan saya tidak pernah satupun point diatas yang menjadi penyebab e061-0001.

E061-0001 yang sering kali terjadi dilapangan justru jauh dari apa yang oleh buku service manual katakan, berangkat dari pengalaman saya ingin megutarakan beberapa penyebab dan cara mengatasi e061 tersebut ;

Penyebab Code error e061 canon ir

beberapa penyebab ini mungkin bisa anda gunakan untuk mengatasi error di mesin anda;

1. Primary Charger/ corona atas /wire atas
salah satu kerusakan yang menyebabkan timbulnya e061 yang diakibatkan oleh primary charger ini adalah putusnya kawat wire.

2. HVT
hvt bisa menjadi penyebab timbulnya e061, secara kinerja semua komponen drum di supply oleh HVT, jadi beberapa error E061 disebebkan oleh HVT yang sudah rusak, untuk lebih jelasnya anda bisa membaca tautan berikut.
Baca juga:
Ir 6570 error e061, begini solusinya.

Beberapa penyebab hasil fotocopy polos putih.

Beberapa penyebab hasil fotoocpy kotor

Cara mengatasi kode error e061


beberapa hal diatas bisa diatasi dengan cara berkut
1. Jika wire corona atas putus maka anda cukup menggantinya saja.

2. Ganti Po-cont yanga da di menu SAVE MODE>>COPIER>> OPTION >> BODY>> PO-CNT >> ubah dari angka 1 manjadi 0.untuk beberapa mesin akan dapat menghilangkan kode errro e061, namun terkadang hasil fotocopy menjadi kurang bagus, namun terkadang juga e061 masih tetap timbul, maka coba cara terakhir.

3. Ganti HVT, jika Po-CNT diubah ke angka 0 masih saja errro e061 masih muncul maka cara terakhir adalah mengganti HVT, beberapa kasus selesai dengan mengganti HVT ini.

demikian beberapa penyebab e061 canon ir yang bisa anda coba, semoga membantu, terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Penyebab Kode error E061-0001 Canon IR"

  1. Saya punya canon ir6000 mas, error 061, di ganti PO Cnt jadi 0 hasil nya normal, tapi setelah 30 menit hasilnya blank mas, mohon bantuannya mas

    BalasHapus

KOMENTAR TANPA NAMA TIDAK AKAN DITERBITKAN!!!!!