Modus Kejahatan di mesin ATM ini wajib anda ketahui

Modus Kejahatan di mesin ATM ini wajib anda ketahui.Mesin anjungan tunai mandiri (ATM), memang memberi kita banyak manfaat , hampir setiap hari kita tidak bisa lepas dari mesin atm untuk segala jenis kegiatan perbankan, namun modus kejahatan di mesin ATM ini kerap kali mengincar kita sebagai pengguna, memanfaatkan ketidak siapan, ketidak tahuan serta kondisi yang tergesa gesa membuat acap kali kita terperangkap dalam bebagai modus penipuan di mesin ATM.

Kejahatan di mesin ATM, sudah sering kita mendengar ada nasabah kehilangan sejumlah uang karena terhipnotis orang di ATM,mereka begitu mudah mentranfer sejumlah uang ke rekening orang lain dibawah pengaruh hipnotis, itu hanya salah satu modus yang digunakan oleh penipu di mesin atm untuk mendapatkan uang dan mengeruk keuntungan di balik tangisan orang lain, bagaimana tidak, kita mengumpulkan seribu demi seribu untuk tabungan, tapi hilang begitu saja di makan orang lain.

Mesin ATM, kita tidak bisa menyalahkan mesin ATMnya, karena mesin adalah mesin, dia berbuat sesuai dengan perintah penguna, dia tidak bisa menolak siapapun yang menggunakan kartu atm, asalkan passwordnya sesuai maka transaksi bisa diproses, lantas bagaimana kita sebagai nasabah harus membentengi diri dari modus kejahatan di mesin atm yang setiap saat mengincar kita, memnafaatkan titik lemah kita.

Beberapa Modus kejahatan di Mesin ATM

agar kita bisa waspada dan mengetahui modus yang sering mereka  gunakan, kita perlu tahu beberapa modus yang sering digunakan serta pola kerjannya untuk menipu kita saat bertransaksi di mesin ATM, berikut ini beberapa Modus kejahatan yang sering digunakan di Mesin ATM.

1. Card Skimming

modus menambahkan alat didepan mulut kartu ATM

card skmming adalah modus kejahatan di mesin ATM dengan cara menyalin atau merekan data di magnetig card yang ada di kartu ATM dengan menggunakan alat Skimmer, namun dengan mendapatkan data dari magnetig card tidak cukup untuk menduplikat kartu, mereka perlu mendapatkan nomor PIN kartu tersebut, untuk mendapatkan nomor pin, biasanya modus ini memasang kamera kecil yang dapat menjangkau tangan kita saat mengetikkan nomor PIN ATM. setelah lengkap mereka menduplikasi kartu tersebut kedalamkartu kosong dan memasukkan nomor PIN tersebut kedalamnya, kemudian menggunakan ATM duplikat tersebut untuk menguras isi tabungan anda.

hal yang perlu diwaspadai untuk terhindar dari card skimming.

  • periksa kondisi tempat memasukan kartu atm, biasanya skimmer dipasang di mulut tempat masuk kartu ATM.
  • Jika dirasa ada tambahan alat di mulut masuk kartu tersebut, lebih baik pergi dan ganti ke mesin yang lain.
  • Jika dirasa seret saat memasukkan kartu ATM, lebih baik jangan diulangi dan jangan dipaksa masuk, lebih baik pindah ke mesin lain,
  • lebih aman bertransaksi di mesin ATM yang memiliki ruangan yang hanya cukup untuk satu orang, hindari menggunakan mesin ATM yang berada di tempat terbuka, karena penjahat lebih leluasa memasang skimmer ditempat terbuka dari pada di tempat yang sempit.
  • Tutup dengan tangan atau benda lain yang mampu menutup seluruh area nomor saat memasukkan nomor PIN.

2. Card Trapping

modus mengganjal mulut ATM, agar kartu susah masuk

kejahatan berikutnya adalah Card Trapping, kejahatan ini bermodus menukar kartu ATM, kenapa kartu atm anda bisa di tukar? karena biasanya ciri modus ini adalah orang menawarkan bantuan untuk memasukkan kartu ATM kedalam mesin ATM, karena saat anda memasukkan kartu ATM terasa susah masuk atau seret, karena mulut ATM tersebut sebenarnya sudah di ganjal oleh penjahat tersebut, mereka kemudian mengincar korban, membuntuti ke ATM atau bisa jadi mereka sudah menunggu nasabah di lokasi yang sudah ditargetkan, mereka akan berada di belakang dan didepan anda, umumnya lebih dari satu orang.

ketika anda merasa begitu susah memasukkan kartu atm, maka ia akan menawarkan bantuannya untuk memasukan kartu ATM anda, saat memegang kartu ATM tersebutlah mereka kemudian menukar dengan kartu lain, latas dari mana mereka dapat nomor PIN.
karena mulut ATM sudah diganjal akhirnya kartu ATM anda tersangkut di mulut ATM, karena panik maka anda akan menuruti perintah orang tersebut untuk memasukkan nomor PIN anda dengan harapan kartu ATM tersebut dapat keluar dengan sendirinya, saat anda panik memasukkan nomor ATM tersebut, disanalah mereka mendapat nomor PIN anda,mereka mngintip saat anda memencet nomor PIN.

Tips agar terhindar dari Card Trapping
  • jangan menyerahkan atau menerima bantuan dari orang lain saat di atm.
  • tutupi PIN anda saat memasukkan nomor PIN.
  • Jika kartu tersangkut, biarkan saja, tinggal pergi, telpon bank untuk memblokir kartu saat itu juga.
3. Hipnotis
hipnotis merupakan modus kejahatan di mesin ATM yang sering sekali terdengar oleh kita, umumnya memanfaatkan titik kosong pada diri kita, mereka menghipnotis dengan kontak fisik, seperti tepukan, kemudian mengajak anda ke mesin ATM serta menyuruh anda untuk mengambil sejumlah uang yang ada di tabungan anda.

Tips untuk terhindar dari Hipnotis di mesin ATM.
  • Jaga pikiran untuk tetap sibuk,memikirkan apa lah, jangan melamun ketika didepan mesin ATM.
  • Lebih baik ajak teman atau saudara ketika ingin bertransaksi di ATM jika jumlahnya lumayan banyak, karena jika anda dihipnotis masih ada teman yang akan mengingatkan anda.
Demikian beberapa Modus kejahatan di mesin ATM, semoga anda tidak akan pernah mengalaminya, karena tertipu di ATM itu sangat sakit, semoga informasi dari saya mampu untuk mebuat anda semakin sadar tetang modus modus kejahatan di mesin ATM.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Modus Kejahatan di mesin ATM ini wajib anda ketahui"

Posting Komentar

KOMENTAR TANPA NAMA TIDAK AKAN DITERBITKAN!!!!!