Cara Transfer uang dari luar negeri ke Indonesia

Transfer uang dari luar negeri ke Indonesia.tak terbayang sebelumnya ternyata beda cara transfer uang dari luar negeri ke indonesia dengan cara transfer antar bank didalam negeri, tak semudah memasukkan kartu atm atau setor tunai di bank, ada hal lain yang mesti ada sewaktu ingin transfer uang dari luar negeri ke indonesia, yaitu code SWIFT.

transfer uang dari luar negeri ke indonesia

Transfer uang dari luar negeri ke Indonesia ini ternyata harus disertai dengan Code SWIFT sebagai kode unik untuk identfikasi BANK, setiap bank-bank di indonesia yang tergabung dalam SWIFT akan diberikan kode unik sebagai acuan dalam pengiriman uang dari luar negeri ke indonesia, agar memudahkan transaksi transfer uang antar negara.

Code SWIFT ini benar- benar baru saya ketahui ketika si bos dari korea selatan hendak transfer uang ke saya, dia menanyakan kode swift untuk bank penerima, saya bingung dan coba bertanya kesana kemari dan akhirnya ketemu, hehehe, jadi si bos tidak akan bisa transfer uang dari BANK nya di korea selatan ke BANK saya di indonesia tanpa kode swift tersebut.

Code swift berisi 8 huruf hingga 11 huruf dan angka, sebagai contoh ketika anda hendak mengirim uang dari luar negeri ke indonesia dengan tujuan BANK BRI di TEGAL, code swift bank BRI adalah BRINIDJA untuk kode cabang BRI ditegal adalah 101, jadi kode swift bank bri tegal adalah BRINIDJA101, untuk lebih akurat andapun bisa meminta kode bank bri ke kantor cabang yang nantinya akan menerima uang tersebut, atau bisa cek di sini https://www.ifscswiftcodes.com.

setelah mengetahui code swift bank tujuan di indonesia, segera menuju ke bank dimana kita memiliki rekening, sebagai contoh dahulu bos saya transfer dari Bank Sinhan dikorea selatan dengan membawa uang tunai dalam bentuk WON langsung dikirim ke bank BTN di indonesia, mata uang tersebut akan di konversi oleh bank secara otomatis, jadi tidak perlu ditukar ke dalam Rupiah terlebih dahulu.

Baca juga :

Cara mengambil uang dengan buku tabungan BRI.

Cara menabung tanpa buku rekening.

Cara cetak rekening koran Bank BCA.

Lamanya waktu transfer dari luar negeri ke indonesia biasanya 3 hari kerja tidak termasuk hari libur dan sabtu minggu, ketika anda hendak menerima uang dari luar negeri dalam jumlah yang banyak, lebih baik konfirmasi terlebih dahulu ke kantor cabang bank penerima agar menyiapkan sejumlah uang yang akan anda tarik, supaya disiapkan, jika tidak di konfirmasi jauh hari, biasanya anda akan disuruh menunggu beberapa hari untuk mengambil uang, karena bank akan menyiapkan uang tersebut.
contoh bukti transfer antar bank, antar negara


Kode swift BANK di Indonesia

inilah beberapa kode swift bank yang umum dan biasa digunakan oleh masyarakat indonesia.

No Nama Bank Kode SWIFT
1 BRI(Bank Rakyat Indonesia) BRINIDJA
2 BCA(Bank Central Asia CENAIDJA
3 MANDIRI BMRIIDJA
4 BTN(Bank Tabungan Negara) BTANIDJA
5 BNI(Bank Negara Indonesia) BNINIDJA
6 BII/MAYBANK IBBKIDJA
7 BNP PARIBAS BNPAIDJA
8 BUKOPIN BBUKIDJA
9 PERMATA BANK BBBAIDJA
10 DANAMON BDINIDJA
11 ANZ PANIN BANK ANZBIDJX
12 ARTHA GRAHA ARTGIDJA
13 ICB BUMI PUTERA BUMIIDJA
14 DBS INDONESIA DBSBIDJA
15 WOORI BANK HVBKIDJA
16 RABO BANK RABOIDJA
17 TOKYO MITSUBISHI BOTKIDJX
18 GANESHA GNESIDJA
19 SINARMAS SBJKIDJA
20 MASPION MASDIDJ1/S
21 OCBC NISP OCBCIDJA
22 MEGA MEGAIDJA
23 UOB INDONESIA UOBBIDJA
24 SWADESHI SWBAIDJA
25 COMMONWEALTH BICNIDJA


itulah sedikit SWIFT code dar beberapa bank yang ada di indonesia, semoga menambah pengetahuan kita, terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Transfer uang dari luar negeri ke Indonesia"

  1. Gan, itu dpn kode Swift ada angka, itu angka kode Bank? 101 ? Buknnya Tegal kode Bank nya 0101?

    BalasHapus
  2. Gan kalau saya daftar BRInya di Bali,terus saya kan asal Jawa Tengah,bisa gk di kirimnya ke BRI yang ada di jawa tengah,atau harus ke BRI di Bali,soalnya saya sudah tidak bekerja di Bali.trins

    BalasHapus

KOMENTAR TANPA NAMA TIDAK AKAN DITERBITKAN!!!!!