Tradisi lebaran di indonesia

Lebaran atau Idul Fitri merupakan hari raya besar umat Islam yang dirayakan di Indonesia setiap tahunnya. Berikut beberapa tradisi lebaran yang umum dilakukan di Indonesia:

Tradisi lebaran di indonesia


  1. Mudik: Tradisi mudik merupakan tradisi pulang kampung ke rumah orang tua atau sanak keluarga. Tradisi ini dilakukan untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan menikmati suasana lebaran di kampung halaman.
  2. Bersih-bersih rumah: Sebelum Lebaran tiba, banyak orang di Indonesia yang melakukan tradisi bersih-bersih rumah. Hal ini dilakukan untuk menyambut kedatangan tamu dan menciptakan suasana yang bersih dan rapi di rumah.
  3. Bermaaf-maafan: Tradisi bermaaf-maafan atau meminta maaf kepada keluarga, teman, dan tetangga adalah bagian penting dari tradisi Lebaran di Indonesia. Tradisi ini dilakukan untuk membuka jalan untuk memulai kembali hubungan yang mungkin telah retak selama satu tahun.
  4. Takbiran: Takbiran adalah tradisi yang dilakukan pada malam sebelum Lebaran. Pada malam itu, orang-orang berkumpul di masjid atau musholla untuk melakukan takbiran bersama-sama.
  5. Shalat Id: Shalat Id merupakan tradisi yang paling penting dalam perayaan Lebaran. Setelah shalat, orang-orang biasanya saling memberikan ucapan selamat Lebaran dan saling memaafkan.
  6. Menyantuni orang miskin: Tradisi memberikan sedekah kepada orang miskin atau fakir miskin menjadi salah satu hal yang umum dilakukan pada saat Lebaran.
  7. Berbagi makanan: Membagikan makanan khas Lebaran seperti ketupat, rendang, opor ayam, atau kue-kue lebaran merupakan tradisi yang sangat umum dilakukan pada saat Lebaran.


Itulah beberapa tradisi lebaran yang umum dilakukan di Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki adat istiadat dan tradisi yang berbeda-beda dalam menyambut hari raya Lebaran.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tradisi lebaran di indonesia"

Posting Komentar

KOMENTAR TANPA NAMA TIDAK AKAN DITERBITKAN!!!!!