Cara memindahkan meteran listrik token

Cara memindahkan meteran listrik token. Listrik token atau listrik pulsa kini sudah umum di masyarakat, system penggunaan listrik yang mana kita harus membeli sejumlah KWH terlebih dahulu supaya kita bisa menggunakan listrik, hal ini dirasa lebih bisa mendidik masyarakat untuk menghemat listrik.

Jika anda membeli rumah KPR sudah pasti sudah terpasang listrik token di rumah tersebut dengan posisi standardnya dibagian depan rumah, seiring dengan perkembangan ekonomi dari tahun ke tahun, dirasa anda perlu untuk memperluas ruangan rumah, dan hal tersebut memaksa anda harus memindahkan posisi dari meteran listrik token tersebut, lantas bagaimana prosedur yang resmi untuk memindahkan meteran listrik token tersebut dengan benar.

Meskipun meteran token ini terletak di rumah kita, bukan berarti meteran ini menjadi milik kita yang bisa dengan mudah kita bongkar dan dipindah kemana mana, ternyata ada undang undang yang melindunginya, dimana bunyinya ;

" Pelanggan yang memindahkan sendiri kWh meter dari rumah/bangunan lain ke bangunan baru tanpa seizin PLN akan dikenakan sanksi penertiban pemakaian tenaga listrik (P2TL) berupa bongkar rampung dengan barang bukti kWh meter disita dan bisa dikenakan tuntutan pidana (denda dan penjara)."

daripada kita terkena pasal dan denda lebih baik kita hubungi PLN melalui Call center 123 untuk mendapat penjelasan yang benar, dan berikut ini prosedur pemindahan  meteran pulsa.
memindahkan meteran listrik token
memindahkan meteran listrik token ke lokasi lain


Prosedur memindahkan meteran listrik token 

Karena pemindahan meteran token ini harus dilakukan, karena jikalau tidak dipindahkan,posisi meteran token ini akan menghalangi konstruksi, maka inilah prosedur resmi yang telah saya lakukan untuk memindahkan meteran token ke lokasi lain;

1. Permohonan Pengajuan Pemindahan KWH Meter

kita cukup telpon ke 123 dan menerangkan maksud dari tujuan kita, jika sudah selesai dengan call center maka kita sudah mendapat surat permohonan pengajuan pemindahan kwh meter yang akan di tangani oleh pihak PLN pusat yang akan di teruskan ke PLN Unit terkait.

Pihak PLN akan menanyakan beberapa pertanyaan umum seperti

  •  Apakah pemindahan masih dalam satu bangunan?
  • Apakah diperlukan tambahan kabel utama dari tiang ke rumah
  • Berapa jauh perpindahan meteran token tersebut

Baca juga : cara mengatasi listrik pulsa error dan bunyi

2. Registrasi pemindahan KWH

setelah PLN pusat meneruskan ke unit PLN terdekat maka, unit PLN terdekat tersebut akan menghubungi anda, anda akan mendapat nomor registrasi pemindahan kwh meter tersebut, nomor registrasi tersebut digunanakan untuk membayar biaya pemindahan meteran token.

3. Membayar Biaya pemindahan

pembayaran biaya pemindahan dilakukan di loket pembelian token listrik,indomaret atau alfamart, besarnya biaya sudah di terangkan oleh unit terkait yang tadi menelpon, waktu itu saya hanya membayar Rp. 103.424.

simpanlah bukti bayar terebut sampai meteran token selesai dipindah, agar menjadi bukti jika petugas PLN tidak kunjung tiba, anda bisa mengajukan komplen ke pihak pln.

4. Menunggu petugas

setelah anda membayar biaya tadi, maka uang anda akan dikonfirmasi langsung oleh sistem PLN, jika uang sudah masuk ke system, baru petugas akan menindaklanjuti keluhan anda dan datang kerumah.

Pihak PLN biasanya akan memberikan estimasi berapa lama petugas akan datang ke rumah anda guna melakukan pemindahan meteran token tersebut, biasanya 7 hari kerja, jika lebih dari itu lebih baik hub ungi kembali PLN.

mudah bukan prosedur untuk memindahkan meteran token,jadi jangan memindahkan KWH meter anda sendiri, karena itu melanggar ketentuan PLN.  PLN akan menangani keluhan anda dalam waktu 3 hari, dan semua proses diatas anda lakukan by phone tidak perlu datang ke unit PLN. semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara memindahkan meteran listrik token"

Posting Komentar

KOMENTAR TANPA NAMA TIDAK AKAN DITERBITKAN!!!!!