Mengatasi kode error E061 canon

Mengatasi error e0061 pada mesin IR 5000. Setiap mesin  yang digunakan setiap hari, lambat laun akan mengalami kerusakan, salah satu kode error yang kerap sekali muncul di mesin IR 5000 family adalah error e061, walaupun pada kasus ini terjadi pada mesin Canon IR 5000 namun error E061 pada mesin Canon IR 5000 ini bisa anda gunakan untuk memperbaiki type mesinberbeda seperti ir 6000, ir 6020, ir 5020.

Error e061 ini terasa kerap menyambangi mesin Canon IR 5000 ini, Sudah berapa mesin yang saya hadapi dengan trouble kode error e061 ini. Walaupun tergolong masalah yang mudah untuk ditemukan penyebabnya namun, terkadang ada yang sampai membuat kepala pusing, karena error e061 ada berdampak pada hasil fotocopy yang tidak jernih.

Penanganan kecil terkadang mampu untuk mengatasi error e061 ini dengan mengorbankan hasil fotocopy yang tidak maksimal. Beberapa pengalaman di lapangan untuk mengatasi error e061 coba saya Uraikan pada pembahasan di bawah ini.

Beberapa cara untuk mengatasi error e061.


Beberapa langkah di bawah ini bisa anda praktekan sendiri namun ada beberapa yang perlu penanganan teknisi.

1. Setting wire atas.
Ini bisa anda kerjakan sendiri apabila anda bisa untuk membongkar dari wire atas ini. Salah satu langkah minor yang bisa anda lakukan adalah dengan menyetting baut wire, setting saja agak ke tengah jangan terlalu ke atas atau ke bawah. Dengan cara setting baut ini terkadang error E061 dapat diatasi.

2. mengubah angka Po Cont dari 1 ke 0.
Mengubah angka po cont ini berarti kita menonaktifkan daripada potensio control ini. Terkadang dengan mengubahnya menjadi 0 kode error E061 bisa hilang, namun terkadang hasil dari fotocopy menjadi tidak maksimal alias pucat tidak jernih, kondisi yang pucat atau kurang hitam masih bisa diakali dengan mengatur develope.

3. Mengganti potensial sensor.
penyebab e061
po cont sensor sebagai salah satu penyebab e061

Ketika kedua cara diatas tidak bisa menghilangkan kode error e061 sepertinya Anda harus mencoba untuk mengganti potensial sensor, letaknya ada di sebelah wire atas, berwarna hitam panjang. Saya pribadi pernah menghilangkan kode error e061 dengan mengganti potensial sensor ini. Untuk perbaikan yang ini sepertinya Anda harus memiliki cadangan potensial sensor alias Anda harus memanggil teknisi tentunya.

Baca Juga:

Mengatasi E007 canon

Mengatasi hasil polos putih pada ir 4570.

4. Ganti HVT.
terkadang langkah 1 sampai 3 sudah dilakukan,namun error e061 masih muncul. Angka Po cont diubah ke 0 pun kode error masih saja muncul. Hal seperti ini pernah saya alami dan langkah perbaikannya adalah saya mengganti HVT.

Nah itulah beberapa alternatif cara untuk memperbaiki error E061 yang bisa saya Uraikan pada artikel kali ini semoga bisa membantu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengatasi kode error E061 canon"

Posting Komentar

KOMENTAR TANPA NAMA TIDAK AKAN DITERBITKAN!!!!!