Perpanjang STNK di kota bekasi ternyata cepat dan mudah hlo

samsat kota bekasi lama (dispenda.jabarprov.go.id)
Membayar pajak motor dikategorikan menjadi dua yaitu pajak tahunan dan pajak 5 tahunan, pada artikel ini saya akan berbagi kisah bagaimana mudahnya membayar pajak tahunan di samsat bekasi.

Membayar pajak yang selama ini saya identikkan dengan susah dan lama hilang saat untuk pertama kalinya saya mengurus sendiri pajak tahunan di samsat bekasi, karena hampir 10 tahun saya membayar pajak melalui jasa pihak lain.

pada kesempatan kali ini saya mencoba untuk melakukannya sendiri sambil ingin mengetahui bagaimana proses pembayaran pajak itu sendiri, kalau lancar kan untuk tahun tahun berikutnya bisa jalan sendiri tanpa harus membayar jasa pihak lain.

samsat bekasi yang berlokasi di jalan ahmad yani tepatnya didepan gor bekasi cukup dekat dari domisili saya sendiri. dengar-dengar samsat ini akan pindah ke jalan juanda tepatnya di bulak kapal dan memang benar bangunan samsat tersebut sudah rapi dan hampir rampung.

Persiapan
sebelum anda melangkah ke samsat ada baiknya anda lihat terlebih dahulu plat kendaraan anda jangan sampai anda salah masuk samsat, samsat kota bekasi hanya untuk kendaraan ber plat kota bekasi umumnya berplat B#### K**, yang buntutnya adalah K berarti anda sudah benar jika mengarah ke samsat kota bekasi.

namun jika plat kendaraan anda adalah B **** F**, berarti anda harus mengarah ke samsat kabupaten bekasi, harap diperhatikan jangan sampai bolak balik.

Dokumen yang diperlukan
setelah pasti bahwa plat kendaraan anda adalah termasuk wilayah kota bekasi, mari langsung meluncur ke TKP namun perlu untuk anda siapkan dokumen sebagai berikut:

1. BPKB
2. STNK
3. KTP/SIM
4. Ballpoint

dari pada anda antri untuk sekedar fotocopy di samsat dan juga menurut saya mahal kalo fotocopy disana, baiknya anda fotocopy terlebih dahulu semua dokumen diatas, agar semua siap sampai disamsat.

Alur perpanjangan pajak
1. Ambil formulir pendaftaran yang sudah disiapkan petugas di pintu masuk
2. Isi semua data yang sesuai dengan dokumen anda
3. Setelah semua diisi dengan benar, maka pinjam steples yang juga telah disiapkan petugas, rapikan semua dokumen tersebut
4. Masukkan dokumen tersebut ke bagian "cek fisik dan pajak progresif "
pada bagian ini akan di cek bahwa kendaraan anda tersebut adalah kendaraan yang ke berapa yang anda miliki, maksudnya kendaraan atas nama anda sudah berapa, mungkin 2 atau 4, jika nama anda sudah dipakai pada kendaraan lain, maka anda akan dikenakan pajak progresif (nambah uang pajak)

5. setelah nama anda dipanggil maka anda akan dipersilahkan untuk menuju ke bagian pendaftaran pajak R2,
pada bagian ini anda diminta untuk menunjukkan BPKB kendaraan anda, maka jangan keliru membawa BPKB, proses ini hanya beberapa menit saja.

6. Membayar pajak dikasir
nama anda akan dipanggil pada bagian kasir guna membayar jumlah pajak yang dibebankan kepada anda, bila pajakmu telat maka ditambah denda, uang yang anda setor akan langsung masuk ke bank BJB

7. Mengambil STNK baru
setelah pembayaran sudah selesai maka anda akan menunggu untuk beberapa saat guna mengambil STNK baru, sebelum pergi cek semua tulisannya sudah benar atau belum, ingat tiada manusia yang luput dari lupa

dari beberpa proses diatas saya hitung dari mulai datang ke samsat saya hanya butuh waktu 1 jam saja, cepat dan mudah bukan, maka marilah kita urus urusan kita sendiri saja, agar makin pintar dan paham.

Sekarang saya jadi tau ternyata mudah dan gampang mengurus pajak di kota bekasi, bekasi yang selalu di bully tak selalu jelek, buktinya pajak kendaraan pun bisa cepat tanpa calo, akhir salam terima kasih

Subscribe to receive free email updates: